Minggu, 15 Oktober 2023

Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Babinsa Koramil 411-01/Metro Ajak Warga Manfaatkan Lahan Sekitar Rumah


Majalah Saung Teritori

Anggota Koramil 411-01/Metro Kodim 0411/KM Sertu Arifianto beserta 4 personel bersama warga manfaatkan lahan sekitar rumah untuk menjadi lahan produktif. Salah satunya adalah pemanfaatan lahan sekitar rumah Suroso di Jalan Anggur RT 42 RW 14 Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat seluas 1/4 Ha untuk ditanami sayuran sawi, terong dan berbudidaya ikan nila sebagai wujud dari realisasi Ketahanan Pangan Koramil 01/Metro. Minggu (15/10/23)


Menurut Sertu Arifianto, pemanfaatan lahan sekitar rumah akan sukses apabila diiringi niat dan semangat secara sungguh sungguh. Terbukti, dengan memanfaatkan lahan di rumah Suroso didapatkan hasil sayuran sawi sekitar 50 Kg perminggunya dan ikan nila rata-rata 100 Kg per 4 bulan sekalinya.

"Kita harus memperkuat ketahanan pangan nasional, dan salah satu cara yang bisa ditempuh adalah memperkuat diversifikasi (mencoba peluang keuntungan) pangan lokal, jangan biarkan sedikitpun lahan kosong, manfaatkan dengan menanam komoditas pangan," tutrnya.



Lebih lanjut, kegiatan pendampingan oleh Babinsa kepada petani akan menambah semangat serta moril warga untuk disiplin memanfaatkan lahan sekitar rumah tersebut. "Ini adalah wujud kepedulian Babinsa kepada warga desa binaanya dan pendampingan ini sudah komitmen TNI dalam mendukung program pemerintah dan juga program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. salah satunya adalah di bidang ketahanan pangan," tambahnya.



“Kami senantiasa diberikan amanah oleh Komandan Kodim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. dan juga Ws. Danramil 01/Metro Lettu Inf Rudiyanto agar tanggap dalam kegiatan di masyarakat binaan, terutama saat kemarau ini ketahanan pangan sangat penting untuk diperhatikan," lanjutnya.

"Semoga dengan adanya Babinsa yang mendampingi kegiatan ketahanan pangan di desa binaannya, mulai dari proses pengolahan sampai dengan masa panen maka akan semakin meningkatkan semangat masyarakat untuk melaksanakannya," pungkasnya. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar