Sabtu, 21 Oktober 2023

Jelang HUT Santri Nasional Tahun 2023, Kecamatan Sendang Agung Laksanakan Gladi


Majalah Saung Teritori

Anggota Koramil 411-15/Kalirejo Kodim 0411/KM Sertu Een Setiyono melaksanakan pelatihan Gladi Upacara Peringatan HUT Santri Nasional Tahun 2023 bertempat di Lapangan Umum Nawakarya Sendang Agung Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Sabtu (21/10/2023)

Tampak hadir dalam gladi tersebut Pimpinan Ponpes Mafatikhul Huda Kampung Sendang Asri Gus Amin Mustholih,S.Pd., PAC GP Ansor Kecamatan Sendang Agung Nailis Ansori,S.Pd., Satkoryon Banser Kecamatan Sendang Agung Maskur dan 32 Siswa-siswi IPNU Pengibar Bendera Tingkat SLTA se-Kecamatan Sendang Agung serta Paduan Suara dari Santri Ponpes Mafatikhul Huda.


Hari Santri Nasional seyogyanya diperingati pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan kaum muslimin dan bangsa Indonesia pada Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh KH Hasyim Asy'ari.

Sejarah Hari Santri itu sendiri dikutip dari situs Nahdlatul Ulama, Hari Santri pertama kali diusulkan masyarakat pesantren sebagai momentum untuk mengingat, mengenang, dan meneladani kaum santri yang telah berjuang menegakkan kemerdekaan Indonesia.




Usulan tersebut pada mulanya menuai polemik, banyak yang setuju dan ada pula yang menolaknya. Namun, Presiden Joko Widodo pada akhirnya memutuskan untuk menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Penetapan tersebut dilakukan melalui penandatanganan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri pada 15 Oktober 2015 silam. Sejak saat itu, setiap tahunnya Hari Santri Nasional pun dirayakan dengan berbagai kegiatan.

Tema Hari Santri 2023, Bersama dengan peluncuran logo Hari Santri Nasional 2023, Kementerian Agama juga merilis tema yang diusung tahun ini. Dilansir dari laman Kementerian Agama, tema yang diusung pada Hari Santri 2023 adalah "Jihad Santri Jayakan Negeri" untuk mengajak santri berjuang dengan semangat. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar