Senin, 17 Juli 2023

Upacara Bendera Bulanan Prajurit dan PNS Kodim 0411/KM


Majalah Saung Teritori

Prajurit dan PNS Kodim 0411/KM melaksanakan Upacara Bendera Bulanan yang dilaksanakan setiap tanggal 17 tiap bulannya bertempat di Lapangan Apel Kodim 0411/KM, Jl. Veteran No. 53 Bd. 22 Kelurahan Hadimulyo Barat Kota Metro. Senin (17/07/2023)


Selaku Inspektur Upacara, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md., Danup Letda Inf Rudiyanto, Paup Kapten Inf Tri Yuli Priyono, Pengucap Sapta Marga Serda Firmanudin, Pembaca UUD 1945 Sertu Andi Amalia. Pembaca Panca Prasetya Korpri PNS Firly, Pembawa acara PNS Nanik A. dan Pengibar Bendera Merah Putih oleh Provos Kodim 0411/KM.


Sementara itu peserta upacara terdiri dari Barisan Perwira yang dipimpin oleh Kasdim 0411/KM Mayor Inf Wawan Cahya Gunawan,S.H., Peleton I terdiri dari personel Makodim dan Koramil 411-01 s.d. 07, Peleton II terdiri dari personel Koramil 411-06 s.d 15, Peleton III yakni pasukan bersenjata dan Peleton IV dari personel PNS Kodim 0411/KM.


Pada kesempatan tersebut Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono antara lain, :

- Assalamu'alaikum Wr. Wb, Salam sejahtera bagi kita semua, Syaloom, Om swastyastu. Yang saya cintai dan saya banggakan seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil TNI dimanapun berada dan bertugas. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta'ala, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat mengikuti kegiatan upacara bendera pada hari ini dalam keadaan sehat wal'afiat.

- Para peserta upacara sekalian yang saya banggakan, situasi dan kondisi di dunia saat ini terus berkembang dengan cepat, dinamis, dan masih penuh dengan ketidakpastian. Hal ini telah memunculkan beragam spektrum ancaman baik ancaman militer, ancaman non-militer, maupun ancaman hibrida yang berpotensi mengganggu kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta keselamatan segenap bangsa indonesia.



- Menyikapi beragam kondisi dan tantangan tersebut, TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya yang telah diamanatkan oleh undang-undang. Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa dan menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


- Para prajurit sekalian yang saya banggakan, Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin memberikan penekanan kepada para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil TNI untuk mewujudkan visi saya sebagai Panglima TNI, yakni menjadikan TNI sebagai Patriot NKRI. Saya ingin mewujudkan kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang profesional, modern, dan tangguh. Hal ini penting agar rakyat kita nyaman untuk bekerja, negara kita aman dari segala bentuk gangguan, dan pembangunan nasional dapat berjalan lancar. Harapan kita semua adalah TNI kuat, rakyat bermartabat. Beberapa penekanan saya antara lain :

1. Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta pegang teguh Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.
2. Kedua, tingkatkan wawasan, pengetahuan, dan kapasitas diri kalian masing-masing dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas sebagai prajurit TNI guna mewujudkan TNI yang semakin profesional.
3. Ketiga, bekerjalah dengan keras dan ikhlas serta maksimalkan kemampuan, manfaatkan peluang, peduli terhadap lingkungan, dan selalu bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan.
4. Keempat, jaga sinergitas dengan aparat pemerintah, Kementerian, Polri dan Lembaga lainnya dalam pelaksanaan tugas keseharian dengan semangat gotong royong dan saling bahu membahu.
5. Kelima, hindari setiap bentuk pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri maupun mencoreng nama baik TNI. Terlebih lagi, terkait pelaksanaan Pemilihan Umum serentak, saya perintahkan seluruh prajurit TNI agar betul-betul menjaga netralitas TNI, patuhi dan pedomani 5 Perintah Panglima TNI tentang Netralitas TNI.


- Para prajurit sekalian yang saya banggakan dimanapun berada dan bertugas, Demikian sambutan saya Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, profesionalisme, dan loyalitas yang kalian tunjukkan. Selamat melanjutkan tugas dan jadilah prajurit TNI yang profesional, modern, dan tangguh.

Kegiatan Upacara berlangsung dengan hikmad, tertib, aman dan lancar, selanjutnya anggota melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal dan tugas masing masing. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar