Selasa, 25 Juli 2023

Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program Oleh Bapak KASAD Terpusat TNI AD Manunggal Air Th. 2023


Majalah Saung Teritori

Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. mendampingi Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin,S.E. dalam rangka kegiatan Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program Oleh Bapak KASAD Terpusat TNI AD Manunggal Air Th. 2023 melalui Vicon bertempat di Kelurahan Margorejo Kecamatan Metro Selatan Kota Metro. Selasa (25/07/2023)

Tampak pula mendampingi, Kasiterrem 043/Gatam Kolonel Inf Risa Wilsi, S.H., M.H., Kapolres AKBP Heri Sulistiyo Nugroho,S.I.K.,M.I.K. diwakili Kompol Maryadi,SH., M.H., Wakil Walikota Metro Drs. H. Qomaru Jaman,M.A., Ketua Pengadilan Agama Metro Drs. Mahyuda, Kajari Kota Metro diwakili Andriyan Saputra, Camat Metro Selatan diwakili Sekcam Sumaryono, Danramil 411-03/MS Kapten Inf Tri Yuli Priyono, Kapolsek Metro Selatan Iptu Kosyim, Lurah Margorejo Ririn Dwi Ariyani, S.I.P., Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Desa Margorejo.


Pada kesempatan tersebut seluruh hadirin menyaksikan vicon Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat mengunjungi Lebak dalam rangka meresmikan penggunaan fasilitas air bersih dan menangani angka stunting di Kampung Lebak Sangka, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten.

Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Lebak ini untuk meresmikan secara langsung program manunggal air, berupa penggunaan fasilitas air bersih dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting dalam wilayah Korem 064/MY.

“Dalam program manunggal air ini, TNI telah membuat sumur bor dan pompa hidran di sekitar 1.345 lokasi dan akan dinikmati oleh 240.049 keluarga,” ucap Kasad dalam sambutannya.


Sementara itu, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengungkapkan program ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.72 Tahun 2021, bertujuan mewujudkan ketersediaan air bersih yang merupakan faktor utama dalam program percepatan penurunan stunting.

“Dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan melalui percepatan penurunan stunting dan dalam hal ini BKKBN tidak dapat bekerja sendiri. Perlu sinergi dari semua pihak,” ucapnya.


Ia menambahkan, dengan program Manunggal Air yang diinisiasi oleh TNI-AD tentunya program ini sangatlah efektif dalam rangka penanganan stunting khususnya dari kawasan hulu.

“Dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi lintas instansi agar angka stunting dapat ditekan,” pungkasnya.

Usai mengikuti kegiatan vicon, Danrem 043/Gatam menyempatkan diri untuk memberikan Tali asih kepada 10 anak stanting wilayah binaan Koramil 411-03/MS. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar