Jumat, 21 Juli 2023

Pengukuhan Guru Besar Institut Agama Islam Negeri Metro tahun 2023


Majalah Saung Teritori
 
Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. menghadiri kegiatan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Pengukuhan Guru Besar Institut Agama Islam Negeri Metro, Dr. SIti Nurjanah, M.Ag.PIA, tahun 2023 oleh Dirjen Pendis Kementrian agama RI, Prof. Dr H. Muhammad Ali Ramdani,MT. bertempat di IAIN Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.15A, Iringmulyo, Kec. Metro Timur. Kota Metro. Kamis (20/07/2023) 

Tampak hadir pula dalam kegiatan tersebut Walikota Metro, dr. H. Wahdi,Sp,OG (K) MH., Bupati Lamtim diwakili Asisten I Drs.Tarmizi, Kapolres Metro, diwakili Waka Polsek Metro Timur IPTU Eko Nugroho, Ketua DPRD Metro, H. Tondi MG Nasution,ST., Kajari Kota Metro, diwakili Kasi Pitsus Tatang Hermawan,SH.MH., Ketua PA Metro, Drs. H. Mahyuda,M.A., Ketua PN Metro, diwakili Kasi Esti Septiana,SE.MM., Ketua PN Sukadana Lamtim, diwakili Nur Hidayat,S.Ag,MA., KesbangPol Metro Ketut Partito, Kemenag Metro M.Tohir, para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se- Indonesia, Forpim PTKIS, IAIAS Metro, Dr Mispani,M.Pdi, Ketua PWNU Prov. Lampung, diwakili Sholihin, para Pimpinan Bank se- Kota Metro, FKUB Prov. Lampung, Pdt. Samuel, HKPW Lampung, M.Diyaulhag Relis dan para Dekan serta Wakil Dekan IAIN Metro. 


Dalam sambutannya, Guru Besar Institut Agama Islam Negeri Metro, Dr. SIti Nurjanah,M.Ag.PIA. :

- Assalamualaikum wr wb, selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua 

- Pencapaian ini adalah dari Allah SWT dan guru-guru saya, kita senantiasa memberikan peran untuk IAIN Metro menjadi lebih baik. 

- Hukum keluarga menurut Islam bersumber pada Alquran dan sunnah. Hukum keluarga dalam Islam mencakup empat subsistem hukum : (1) pernikahan, (2) pengasuhan anak, (3) kewarisan dan wasiat, (4). 

- Seiring perjalanan waktu anak lebih aktif untuk mencoba fitur dan aplikasi baru lain yang menarik. Dengan demikian anak akan terfokus pada gadjetnya dan mulai meninggalkan dunia permainan mereka. Anak akan lebih individual dan tak peka terhadap lingkungan sekitar. 

- Di jaman Modern ini Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying. 

- Peran aktif orang tua dalam kondisi ini sangat diperlukan. Hentikan orang tua mengandalkan gadjet untuk mendampingi anak-anaknya tanpa pengawasan dengan alasan supaya tidak mengganggu aktivitas orang tua. Mengontrol setiap setiap konten yang ada di gadjet anak adalah salah satu cara yang efektif. Sesering mungkin mengajak anak diskusi, tanya jawab di waktu luang, bermain bersama atau sekedar bercanda, disela-sela aktivitas yang padat. Selama itu anak bisa meniru tingkah laku orang dewasa, mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya.


Selanjutnya sambutan Dirjen Pendis Kementrian agama RI, Prof. Dr H. Muhammad Ali Ramdani, MT. 

- Selamat siang salam sejahtera untuk kita semua, yang kita hormati bersama para rektor dan Forkopimda Kota Metro. Mari kita panjatkan Pujian sukur atas pengukuhan Guru Besar Institut Agama Islam Negeri Metro, Dr. SIti Nurjanah, M.Ag.PIA. 

- Penambahan Guru Besar atau Profesor di IAIN Metro di tahun 2023 merupakan penguatan sumber daya sebagai tenaga pendidik di kampus socio eco techno preneurship yang merupakan jabatan fungsional tertinggi pada sebuah perguran tinggi, pada dasar nya ini tidak haya di maknai atau sekedar gelar saja tapi ini harus di jalankan dengan rasa penuh tanggung jawab agar dapat berjalan dengan baik dan menjadikan kesuksesan dan keberhasilan dalam sebuah fungsi dan tugas nya. 

- Saya ucapkan selamat kepada Dr. SIti Nurjanah, M.Ag.PIA. atas pengukuhannya sebagai Guru Besar Institut Agama Islam Negeri Metro. Saya berpesan bersyukurlah atas nikmat yang di berikan semoga dengan amanah yang di emban sebagai guru besar  dapat lebih memajukan IAIN Kota Metro. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar