Senin, 05 Juni 2023

Pohon Saputangan Hiasi Kota Metro Sebagai Wujud Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023


Majalah Saung Teritori

Perwira Sandi Letda Inf Rudiyanto mewakili Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. menghadiri kegiatan Penanaman Pohon Dalam Rangka HUT Kota Metro dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 bertempat di Taman Merdeka Kota Metro. Senin (05/06/2023)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Metro Wahdi, Wakil Walikota Qomaru, Ketua DPRD Kota Metro Tondi, Forkopimda Kota Metro, Ketua Dharma Wanita, Ketua PKK Kota Metro, Kepala SKPD Pemerintahan Kota Metro, Perwakilan dari Bank BCA Kota Metro, Perwakilan dari Bank Eka Kota Metro dan seluruh pendukung.

Walikota Metro Wahdi mengatakan, "Hari Lingkungan Hidup Sedunia jatuh setiap tanggal 5 Juni dan menjadi pengingat manusia, agar wajib berdampingan hidup dengan lingkungan sekitarnya. Pasalnya, sikap tidak peduli terhadap kondisi lingkungan akan berimbas kepada manusia sendiri, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan melakukan kegiatan penanaman pohon dengan diawali menanam secara simbolis 15 pohon jenis sapu tangan," ujarnya.

Perlu diketahui Pohon saputangan (Maniltoa grandiflora) adalah jenis tumbuhan yang termasuk dalam genus Maniltoa dan famili Fabaceae.Tumbuhan ini memiliki nama sinonim Maniltoa brawneodes. Tumbuhan ini berupa pohon dengan tinggi 5 hingga 15 meter. Batang tegak, bulat, percabangan simpodial, dan berwarna cokelat. Daun berupa daun majemuk, pertulangan daun menyirip, lonjong, tepi rata, ujung dan pangkal daun runcing. Panjang daun 7 sampai 14 cm, lebar 3–8 cm dengan panjang tangkai antara 1-1,5 cm serta berwarna hijau. Memiliki bunga majemuk berbentuk malai dan terletak di ketiak daun dan ujung cabang pohon. Bentuk tangkai bunga bulat, panjag 1–2 cm dan berwarna hijau. Kelopak bunga berbentuk cawan, seludang bunga lonjong, mahkota bunga lepas dan berwarna kuning. Buah tanaman ini termasuk buah polong. Biji berbentuk ginjal, berwarna hitam, dan berukuran kecil. Jenis akarnya termasuk akar tunggang, dan berwarna putih kecokelatan. Tumbuhan ini memiliki manfaat untuk obat gangguan pencernaan. Daun, buah, dan kulit batang mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar