Sabtu, 06 Mei 2023

Perubahan Rute Kunjungan Presiden RI ke Lamteng, Tak Surutkan Semangat TNI-Polri dalam Tugas Pengamanan


Majalah Saung Teritori

Dandim 0411/KM Lekol Inf Sihono,A.Md.selaku Dansubsatgas Pengamanan VVIP Kunker Presiden RI Ir. Joko Widodo ke wilayah Kabupaten Lampung Tengah segera mempersiapkan personelnya dalam rangka perubahan jadwal kunjungan yang semula dipusatkan di titik kedatangan melalui udara menjadi melalui rute darat. Jum'at (05/05/2023)

Semula Presiden dan Rombongan akan meninjau wilayah Kabupaten Lamteng dengan titik kedatangan di Lapangan Kampung Sido Binangun (SB 9) Kecamatan Way Seputih dengan menggunakan helicopter dan bertolak ke titik nol di Lapangan SB 13, Swastika Buana Seputih Banyak dengan menggunakan kendaraan roda empat selanjutnya meninjau kondisi ruas jalan rusak.

Namun Rombongan Inti yang terdiri dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Badan Usaha Milik Erick Thohir didampingi Rombongan Pendukung Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin, Kepala Biro Protokol, Sekretariat Presiden Mohamad Yusuf Permana, Asisten Sekretaris Pribadi Presiden Alexandra Retno Wulan dan Pradista Machdala Putra, Dan Grup A Paspampres Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, Dokter Pribadi Presiden dr.Frans Memah, MKK., Komandan Detasemen Pampri Letkol Mar Nur Qodli Arbain serta jajarannya melalui rute Gunung Sugih - Kota Gajah - Seputih Raman - Seputih Banyak - Simpang Randu Lampung Tengah.

Tampak Pejabat Wilayah Lampung turut mengiringi, yakni Gubernur Prov. Lampung, Ir. Arinal Djunaidi, Pangdam II/Swj Mayjen TNI. Hilman Hadi, S.IP, M.B.A, M.Han., Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmi Santika, SH,. S.IK,. M.Si., Danrem 043/Gatam Brigjen TNI. Iwan Ma'ruf Zainudin,SE., Aspers Kasdam ll/Swj Kolonel Inf Ade Ruli, Danlanal Lampung Kolonel (P) Muhammad Nazarudin, SE,. MH,.CHRMP., Waasops Kasdam ll/Swj Letkol Inf Ikhsanudin, Dandenpom II/3 Lampung Letkol Cpm Ika Budaya serta Danlanud Pangeran M Bunyamin Letkol (Pnb) Yosi Hadi Wiyanto. 


Dibantu oleh Kasdim 0411/KM Mayor Inf Bagus S. dan Pasiops Kapten Inf Tri Yuli P. pasukan yang terdiri dari personel Kodim 0411/KM, Kodim 0429/ Lamtim, Yonif 143/TWEJ, Subden POM Metro Lampung, Denkes 020403, Unit Intel, Den Hub Rem 043/Gatam, Denbeg II/44/03/Lanud, Polda Lampung, Polres Lamteng, Brimob Lampung, Denkes Prov Lampung, Dishub, Satpol PP dan Linmas agar segera menyesuaikan melaksanakan pengamanan VVIP, kususnya pada pesonel pengamanan rute perubahan.

Pada kesempatan tersebut Presiden Ir. H. Joko Widodo mengatakan, "Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat, baik itu jalan kabupaten, jalan provinsi ataupun jalan kota. Yang dinilai rusak parah maka harus diperbaiki, untuk jalan nasional itu akan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat," ujarnya.

"Jalan Provinsi itu tanggung jawab Gubernur, jalan kabupaten tanggung jawab Bupati dan Walikota, apabila semuanya tidak sanggup maka akan diambil alih oleh pemerintah pusat," lanjutnya.

Kemudian Presiden mengatakan, "Tahun ini Pemerintah Pusat untuk Lampung akan mengagendakan anggaran kurang lebih 800 Miliar dipeuntukan 15 ruas jalan. Dan pembangunannya akan dimulai bulan Juni mendatang dengan catatan karena harus melalui lelang dahulu, untuk itu saya sudah perintahkan kepada Menteri PU untuk melaksakan lelang," terangnya. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar