Minggu, 21 Mei 2023

Di Bawah Terik Panas Matahari, TNI dan Rakyat Timbun Jalan Berlubang Penghubung Dua Kecamatan


Majalah Saung Teritori

Menanggapi keluhan masyarakat pengguna jalan poros penghubung Kampung RB 3 Kecamatan Rumbia dan Kampung BK Jaya Kecamatan Putra Rumbia yang mengeluh atas kodisi jalan yang berlubang cukup dalam, Danramil 411-08/Rumbia Kapten Ctp Sujono Sutarman beserta 5 personel Babinsa dibantu Kakam BK Jaya Jaini beserta jajaran Linmas Kampung BK Jaya dan warga masyarakat BK Jaya sejumlah 60 orang melakukan aksi timbun lobang jalan. Minggu (21/05/23) 


Kegiatan penimbunan lobang jalan dilakukan di jalan poros Rumbia tepatnya di Dusun III Kampung Reno Basuki dipimpin langsung oleh Danramil 08/Rumbia.

“Saat ini kami sedang melakukan penimbunan lobang jalan dengan tujuan mengurangi kedalaman lobang yang sangat menghambat dan mengganggu transpormasi masyarakat serta pengguna jalan saat melintasinya," buka Danramil.

"Terlebih lagi saat ada intensitas hujan yang cukup tinggi, lobang jalan yang tergenang air cukup berbahaya bagi pengguna jalan. Bahkan sudah tercatat beberapa truk pengangkut hasil bumi warga mengalami laka lalin berupa mobil terguling. Untuk itu saya mengimbau bagi pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintasinya," tambahnya.


Ditanya tentang bahan penimbun lobang jalan, Danramil 08/RB menjawab, "Ini merupakan partisipasi dari pihak Pabrik Tapioka yang ada di sekitar sini, juga donatur yang tidak mau disebutkan namanya, bantuan tersebut berupa batu porselin kriting," lanjutnya.

"Melihat tumpukan batu tersebut kami berinisiatif bersama Kakam BK Jaya Jaini, Anggota Linmas dan juga personel Koramil 411-08 segera menyusun batu tersebut agar tidak menghalangi pengguna jalan," terangnya.

Dikatakan lebih lanjut, kegiatan ini semata-mata dilakukan karena kondisi jalan yang sudah terlihat memperihatinkan dan juga panggilan dari 8 Wajib TNI, terkusus pada poin ke 8 yakni Menjadi Contoh Dan Mempelopori Usaha-Usaha Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya, serta realisasi dari amanat Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. tentang kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Tak banyak yang harus kami jelaskan, dari 8 poin kalimat Wajib TNI itu artinya harus kami lakukan, karena TNI sejatinya adalah anak kandung rakyat, jadi harus cepat tanggap dan peka terhadap kesulitan rakyat sebagai pertanggung jawaban kepada orang tuanya, yakni TNI kepada Rakyat" pungkasnya.


Pada kesempatan itu Kakam BK Jaya Jaini mengatakan, "Saat ini kondisi wilayah sedang banyak perkembangan situasi, diantaranya jalan utama Rumbia sedang diawali pembangunannya usai kunjungan bapak Presiden RI waktu lalu, dan jalan ini adalah jalan poros penghubung Kecamatan Putra Rumbia dan Kecamatan Rumbia dalam sirkulasi perputaran roda perekonomian warga," terangnya.

"Kami bangga dan sangat berterima kasih kepada bapak Danramil beserta Babinsa yang selalu berada di tengah-tengah kami, semangat warga Kampung BK Jaya dan Linmas di tengah panas serta debu tak sedikitpun menyurutkan gelora untuk menimbun jalan berlubang ini," lanjutnya.

"Dan direncanakan besok warga Kampung RB 3 akan bergabung bersama kami melanjutkan kegiatan penimbunan lobang jalan yang belum terjangkau pada hari ini," pungkasnya. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar