Kamis, 25 Mei 2023

Pentingnya Pendidikan Character Building Bagi Siswa-siswi Sekolah


Majalah Saung Teritori

Dua personel Koramil 411-15/Kalirejo Kodim 0411/KM Sertu Een Setiyono dan Sertu Efendi memberikan materi Pendidikan Karakter (Character Bulding) kepada 36 siswa-siswi SMK M 1 Kalirejo dalam rangka untuk Peningkatkan Pelayanan Mutu Pendidikan bertempat di Halaman SMK M 1 Kalirejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Kamis (25/05/2023)

Terlihat mendampingi selama kegiatan berlangsung Wakasiswa SMK M 1 Kalirejo Bapak Drs. Hamzah.


Perlu diketahui bahwa Karakter adalah sifat yang dibawa oleh tiap individu, yang setiap orang memiliki karakter masing-masing. Pengertian karakter lebih mengarah pada moral dan budi pekerti seseorang, tentunya yang bersifat positif. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat.


Sedangkan pengertian Character Building dari segi bahasa, Character Building atau membangun karakter terdiri dari dua suku kata yaitu membangun (to build) dan karakter (character) artinya membangun yang mempunyai sifat memperbaiki, membina, mendirikan. Sedangkan karakter adalah tabiat, watak, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Jadi Character Building merupakan suatu upaya untuk membangun dan membentuk akhlak dan budi pekerti seseorang menjadi baik.


Dalam membangun karakter individu diperlukan perilaku yang baik dalam rangka melaksanakan kegiatan berorganisasi, baik dalam organisasi pemerintahan maupun organisasi swasta dalam bermasyarakat. Karakter adalah sesuatu yang penting dalam pengembangan kualitas manusia maka karakter mempunyai makna sebuah nilai yang mendasar untuk memengaruhi segenap pikiran, tindakan dan perbuatan setiap insan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar