Minggu, 14 Mei 2023

Perlu diberikan acungan jempol untuk sinergitas dan kemanunggalan TNI-Rakyat wilayah Rumbia Lamteng


Majalah Saung Teritori

Ribuan orang yang terdiri dari Forkopimcam Rumbia, Putra Rumbia dan Bumi Nabung serta semua elemen masyarakat memanjatkan doa bersama sekaligus tasyakuran pembangunan Musholla dan Aula Makoramil 411-08/Rumbia Kodim 0411/KM alamat Jalan Raya Pasar Baru Rumbia Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Sabtu malam (13/05/2023)

Seperti yang diketahui bahwasannnya peran aktif Babinsa Koramil 08/RB di masyarakat dan di desa binaan sangat kental dan erat, kegiatan Babinsa Masuk Dapur sampai kepada komsos, ketahanan pangan dan kegiatan positif lainnya sangat dirasakan oleh warga binaan, seperti yang baru-baru ini dilakukan yakni cepat tanggap bersama semua elemen masyarakat menguruk/menimbun jalan berlubang yang pada akhirnya kondisi jalan tersebut mendapatkan perhatian dari Bapak Presiden RI Joko Widodo dan saat ini pembanguanan jalan sudah mulai dikerjakan. 

Belum lagi kegiatan organisasi kemasyarakatan dan pemuda sering kali dilakukan di Makoramil 08, silaturrahmi warga binaanpun terbilang hampir setiap hari ada. Pada waktu berkala yakni setiap malam Minggu PSHT Cabang Rumbiapun melakukan latihan di Makoramil. Ditambah lagi kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika yang aktif dilaksanakan di Makoramil tersebut.

Melihat kondisi Makoramil, maka para Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda beserta semua elemen memprakarsai pembangunan Aula seluas 6 X 20 Meter dan Mushola seluas 5 X 5 Meter dengan kemanunggalan bersama Anggota Koramil 411-08/Rumbia.


Puncaknya pada Sabtu malam KH. Imam Ibnu Mubarak (Pengasuh Pondok Pesantren Kendali Sodo) memberikan nama mushola koramil dengan nama Darul Ishlah yang artinya Rumah Damai dengan dihadiri oleh Kyai Muslih Al Hafiz dari Padang Bulan, Kapolsek Rumbia Iptu Hairil Rizal, perwakilan Forkopimcam Rumbia, Putra Rumbia, Buminabung, Kepala Kampung se-Kec. Rumbia, Putra Rumbia, Buminabung, Linmas se-Kec. Rumbia, Putra Rumbia, Buminabung, Banser, Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Binaan Koramil 411-08/RB, PSHT, Pesilat Bunga Islam, IKSPI, Almacida, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Islam, Hindu dan Kristen dan Adat serta Masyarakat Kecamatan Rumbia, Putra Rumbia, Buminabung sekitar 2.000 orang sama-sama menyaksikan penamaan mushola tesebut.

Danramil 411-08/RB Kapten Ctp Sujono mengatakan sangat kaget mendapatkan surprise dari semua elemen masyarakat tersebut, "Kami merasa haru, tanpa undangan, tanpa pembentukan panitia, masyakat bersumbangsih mendirikan panggung kegiatan, tim hadroh serta snack dan hidangan makan malampun swadaya dilakukan oleh masyarakat," ucapnya.

"Melalui momen ini sekaligus kita manfaatkan untuk berhalal bi halal antara forkopimcam dan semua elemen masyarakat, doa bersama serta tasyakuran," lanjutnya.

"Tidak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih atas sinergitas dan kemanunggalan kita selama ini, ini sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Satuan Komando Atas yakni realisasi dari 8 Wajib TNI, dan pada kesempatan ini saya menyampaikan salam sinergitas dan kemanunggalan dari bapak Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md., beliau meminta maaf tidak dapat hadir dikarena ada tugas penting yang tidak bisa ditinggalkan," pungkasnya.
   .

Selanjutnya Kapolsek Rumbia Iptu Hairil Rizal mewakili forkopimcam mengatakan, "Izinkan, saya mewakili Forkopimcam mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Danramil serta masyarakat yang sangat antusias pada acara tasyakuran dan doa bersama ini, semoga kita selalu bersyukur dalam kehidupan sehari-hari, dan saya sampaikan pula In Syaa Allah Polsek Rumbia akan mengikuti jejak positif seperti ini, semoga dilain waktu kita bisa menggelar kegiatan seperti ini di Maposek Rumbia, Aamiin," ujarnya. 

Tanpa undangan, tanpa pembentukan panitia pelaksanaan doa bersama dan tasyukran berjalan tertib dan aman, bahkan sampah-sampah pun di bersikan dengan kebersamaan oleh seluruh warga masyarakat yang saat itu hadir. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar