Rabu, 08 Februari 2023

Vicon Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Metro

Majalah Saung Teritori

Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. diwakili Danramil 411-01/Metro menghadiri Vicon Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Mendagri dilanjutkan Gubernur Lampung yang dipimpin oleh Sekda Pemkot Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo,MT di ruang rapat Pemerintahan Kota Metro. Rabu (08/02/2023)

Dalam kesempatan tersebut Ir. Bangkit Haryo Utomo,MT bersama anggota TPID Kota Metro memperhatikan perkembangan indeks harga konsumen gabungan dua Provinsi Lampung Januari 2023 yakni pada Januari 2023 inflasi 0'82% tahun kalender inflasi 0'8% tahun ke tahun 5,95% yang bersumber dari berita resmi statistik No.009/02/19/th.Xll.1 Februari 2023 dan Inflasi/Deflasi kota di Lampung Januari 2023 yaitu Bandar Lampung 0,82% dan Metro 0,76%.

"Kelompok makan minum dan tembakau memberikan andil inflasi tinggi yaitu 0,72% adapun sub kelompok yang menjadi penyumbang inflasi tertinggi pada bulan Januari 2023 adalah sub kelompok makanan yaitu sebesar 0,51%," ujarnya.

"Berdasarkan tabel dan grafik harga harian di Kota Metro dipantau bahwa bahan pokok bawang merah selama bulan Januari sampai minggu pertama Februari mengalami kenaikan harga. Tabel dan grafik harga hari an 20 komoditas bahan pokok terlampir," lanjutnya.

Untuk itu langkah-langkah pengendalian inflasi di Kota Metro akan menindaklanjuti arahan Gubernur Lampung terkait pengendalian inflasi dengan menerapkan strategi 4K yakni ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.

Segera melaksanakan koordinasi bersama Forkopimda, BI dan instansi vertikal serta Bulog sebagai distributor utama dan juga agen bahan pokok yang ada di Kota Metro.

Kemudian melaksanakan potensi pasar dengan melakukan penjualan umum yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Kota Metro dan bidang perekonomian Setda Kota Metro. (DL)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar