Minggu, 19 Februari 2023

Forkopimda, MUI dan para Kiai Kota Metro Mengikuti Istighatsah Kubro Virtual di Masjid Al Ittihad Kodim 0411/KM


Majalah Saung Teritori

Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. beserta Forkopimda dan para Pejabat MUI, Ulama serta Kiai Kota Metro mengikuti Istighatsah dalam rangka peringatan Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444/2023 M secara virtual di Masjid Al Ittihad Kodim 0411/KM Jl. Veteran 22 Kel. Hadimulyo Barat Kec. Metro Pusat Kota Metro. Minggu (19/02/23)

Selain pejabat Forkopimda dan para Pejabat MUI, Ulama serta Kiai Kota Metro terlihat hadir pula Pabung Kodim 0411/KM Mayor Inf Agus Waluyo, para Perwira Staf beserta jajaran Danramil beserta Babinsa, Danunit Intel dan Pasandi.


Pada kesempatan tersebut semua jamaah melihat secara virtual penyampaian amanat antara lain oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin,Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman,S.E.,M.M, Ketua MUI, KH. M. Cholil Nafis, Lc.MA.,Ph.D., dan Gubernur Jabar Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., diwakili Wagub KH. Uu Ruzhanul Ulum. 

Selanjutnya kegiatan Istighatsah yang dipimpin oleh KH. Ahmad Zubaidi,MA dan Doa oleh Habib Nabiel Al-Musawa,M.Si serta penutup oleh H. Arif Fahrudin,M,Ag.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain Shalat Subuh Berjamaah, Khotmul Qur'an, Taushiah, Sholawat, Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an, Sambutan Ketua MUI, Sambutan Gubernur Jawa Barat, Sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Sambutan Wakil Presiden RI, Istighatsah, Doa dan Penutup.


Dalam sambutannya Ketua MUI KH.M.Cholil Nafis,Lc.MA.,Ph.D. mengatakan, "Terima kasih kepada seluruh jajaran yang terkait ikut serta membantu pelaksanaan Istighatsah ini sehingga kegiatan sampai dengan saat ini berjalan dengan sesuai yang diharapkan," bukanya.

"Kegiatan Istighatsah ini dihadiri sekitar 4.500 peserta yang terdiri dari berbagai instansi. Semoga acara yang diadakan di Cianjur ini bisa menjadi obat luka bagi seluruh masyarakat Cianjur yang tidak lama baru saja mendapat musibah bencana alam Gempa Bumi," lanjutnya.

"Musibah yang baru saja menimpa saudara kita di Cianjur sebaiknya kita jadikan sebagai pembelajaran agar kita selalu ingat dan selalu beserah diri kepada Allah SWT. Apa yang kita punya dan kita miliki saat ini, merupakan hak sepenuhnya milik Allah SWT semata, yang mana sewaktu-waktu bisa diambil kapanpun juga," ingatnya.


Kemudian sambutan Gubernur Jabar yang diwakili Wakil Gubernur, KH. Uu Ruzhanul Ulum, "Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk kita meningkatkan keimanan dan selalu ingat kepada Allah SWT. Harapannya kita mampu untuk meningkatkan amalan agama dan taqwa keimanan kita, Selalu berserah diri kepada Allah SWT dalam menghadapi segala ujian dan cobaan. Mudah-mudahanan kegiatan ini dapat membawa kebaikan kepada kita semua terutama dalam meningkatkan keimanan kita semua agar lebih baik," ucapnya.


KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E,. M.M, dalam sambutannya membuka dengan salam, "Sebagai insan kita senantiasa selalu panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang mana pada kesempatan ini kita masih dberikan kesehatan selalu," bukanya.

"Peringatan Isra Miraj ini menjadi modal bagi kita semua untuk selalu bertaqwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dimana pun kita berada, dan di dalam kehidupan sehari hari, kita dapat belajar tentang ikhlas dan sabar dalam menghadapi segala ujian dan cobaan, karena pada dasarnya semua kembali kepada Allah SWT yg mempunyai segalanya," Lanjutnya.

"Sebagai insan kita hanya bisa berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT agar kita selalu diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi segala ujian yang diberikan. Harapan saya dengan adanya acara Istighatsah ini kita sebagai umat Islam selalu dapat lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT," pungkasnya.


Puncak sambutan oleh Wakil Presiden RI Prof, Dr.(H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, "Terima kasih kepada KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachaman beserta jajaran dan seluruh Anggota TNI AD yang ikut serta membantu menyelenggarakan kegiatan Istighatsah Kubra ini," ucap Wakil Presiden RI.

"Harapan saya, untuk para Jenderal-jenderal kedepanya mempunyai ide yang sama seperti ini sekaligus menjunjung keagamaan dan para santri yang ada di Indonesia," lanjutnya.

"Dalam rangka memperingati hari Isra Mi"raj ini marilah kita meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sebagai mana kita ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Rasulullah utusan Allah yang di utus untuk membawa umat manusia kejalan kebenaran," terangnya.

"Para kyai-kyai dan seluruh hadirin dan hadirat para ibu sekalian baik yang langsung ada di majelis ini maupun juga yang berada di daerah-daerah di seluruh Indonesia yang mengikuti secara virtual saya menyambut baik acara ini apalagi ini disebut acara istighasah," ujarnya. 


"Karena itu kita mohon kepada Allah mohon Inayah hanya pada Engkau kami menyembah hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan dalam perkara-perkara agama serta perkara dunia, semuanya kita minta Inayah rabbaniyah. Makanya jangan merasa kita kuat karena merasa kita bisa, kita sebenarnya itu dijadikan makhluk yang lemah, kalau bukan karena adanya pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala," ingatnya.

"Mudah mudahan kegiatan ini bisa lebih bermanfaat dan lebih mendekatkan diri kita semua ke jalan Allah Swt," harapnya.

Pada pukul 09.40 Wib, kegiatan peringatan Isra Mi"raj selesai dalam keadaan tertib dan aman. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar