Kamis, 11 Juni 2020

Babinsa Koramil Metro Utara Hadiri Pemberdayaan dan Pelatihan Pertanian Hortikultura Cluster Sayur Mayur


Majalah Saung Teritori

Dalam rangka pemberdayaan pangan di masyarakat terdampak Covid-19, BRI Cabang Metro menggelar Pemberdayaan dan Pelatihan Pertanian Hortikultura Cluster Sayur Mayur di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara. Kamis (11/6).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pimpinan Cabang BRI Metro Bhakti Agung Siswanto didampingi Manager Pemasaran Mikro Muhammad Ischak, Camat Metro Utara, Kapolsek Metro Utara, Koptu Siswantoro Babinsa Kelurahan Karangrejo mewakili Danramil 411-02/MU Kapten Chb Herry S, Lurah Karang Rejo, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), kelompok tani dan petani.

Diungkapkan Pimpinan Cabang BRI Metro Bhakti Agung Siswanto, acara ini kelanjutan dari kegiatan BRI Cabang Metro beberapa waktu lalu memberikan CSR berupa sarana pertanian pada kelompok tani di Karang Rejo, baik pupuk, bibit dan alat untuk usaha sayur mayur.

“Kita mengajak PPL untuk pelatihan, dan memberdayakan petani. Karena mereka selama ini dari pengolahan pertanian, tapi sering bingung ketika hendak memasarkan hasil pertaniannya,” tuturnya.


Untuk itu, pihaknya mengajak para petani sayur ini masuk ke e-Pasar, yang merupakan komonitas para nasabah BRI.

“Disitu petani dapat transaksi jual beli produk yang berbeda jenisnya, misal dari Bandar Lampung butuh sayur dari Metro tinggal transaksi begitupun sebaliknya,” tambahnya.

Yang mana, menurut Agung, kegiatan ini mengumpulkan para petani, namun dikarenakan sedang Pandemi Covid-19 sehingga jumlahnya terbatas.

“Untuk petani ada 25 orang, ada Pak Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah, PPL dan Kelompok Tani,” ungkapnya.

Kegiatan ini sendiri menurutnya dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan pangan di masyarakat terdampak Covid-19.

“Harapan kami pertama petani paham kita punya pemasaran yang bisa dilakukan, kedua kalau butuh perolehan maksimal kita ikutkan PPL dan ketiga penampung ke masyarakat kita ajak pemda, seperti camat dapat menjadi penghubung masyarakat ke Pemkot Metro,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut selain melaksanakan pelatihan rombongan sekaligus merasakan langsung kegiatan panen raya sayur mayur. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar