Senin, 29 Juni 2020

Babinsa Kodim 0411/LT Manfaatkan Lahan di Sekitar Rumah untuk Ketahanan Pangan




Majalah Saung Teritori

Di tengah wabah Covid-19, Komandan Kodim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.,M.Si menghimbau kepada seluruh Koramil jajarannya untuk memanfaatkan lahan kosong baik di sekitar Makoramil maupun di pekarangan rumah anggotanya untuk dimanfaatkan sebagai bentuk ketahanan pangan Satuan Kodim 0411/LT. Senin (29/06/2020).


Para Danramil dan Babinsa Kodim 0411/LT segera merealisasikan perintah Dandim 0411/LT, Makoramil-makoramil jajaran Kodim 0411/LT memanfaatkan lahan kosong disekitar perkantoran koramil dan perumahan dengan menanami jenis-jenis sayuran, tanaman hias sampai pemanfaatan lahan sebagai budidaya ikan.


Seperti yang dilakukan oleh Pelda Suharsono dan istrinya Ny. Sri Worosih yang beralamatkan di Ganjar Agung 14/2 Metro Barat, 1/8 Ha lahan miliknya ditanami sayur-sayuran seperti terong unggu, mentimun, kacang pendek dan jagung.

"Kami para Babinsa Kodim 0411/LT diperintahkan oleh Komando Atas untuk selalu menghimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, gunanya sudah pasti adalah mencegah penyebaran Covid 19 di wilayah binaan Kodim 0411/LT" ungkapnya


"Selain melaksanakan tugas tersebut kamipun diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan ketahanan pangan sebagai tindakan antisipasi kekurangan bahan pokok akibat dampak pandemi Covid 19" tambahnya.

"Sebagai aparat teritorial kami harus siap membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan dan problem yang ada, untuk itu kami sebelumnya harus mempersiapkan dan mengatasi kesulitan yang ada di keluarga dulu, apabila keluarga kami cukup sandang pangannya, maka konsentrasi kami saat membantu masyarakat akan maksimal" imbuhnya.


Sementara itu Pelda Joko Santoso Batituud Koramil 411-11/Terbanggi Besar bersama istrinya lebih cenderung untuk memanfaatkan lahan di sekitar rumahnya dengan berbudi daya ikan lele, berbekal beberapa plong kolam yang dibuat dengan menggunakan batako dan dilapisi oleh terpal plastik, ianya menuturkan "Saya lebih menyukai kolam ikan atas, sebab saat pengurasannya tinggal buka kran pembuangan saja, jadi tidak susah saat mengurasnya"


Saat ditanya tentang limbah air kolam yang baik sebagai pupuk organik, Pelda Joko menjawab sambil tersenyum "Ingin juga rasanya kami memanfaatkan limbah air kolam untuk pupuk organik bila kami menanam sayuran juga, namun di sekitar rumah kami ini, para tetangga banyak yang datang dan meminta limbah ar kolam ini sebagai pupuk organik bagi tanaman mereka, untuk itu saya berfikir alangkah baiknya bila saya berbagi manfaat kepada para tetangga, sehingga kita semua bisa memiliki kegiatan-kegiatan positif secara bersama-sama dan saling melengkapi" (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar