Minggu, 27 Agustus 2023

Babinsa Kodim 0411/KM Selalu Ikuti Perkembangan Tehnologi


Majalah Saung Teritori

Anggota Koramil 411-15/Kalirejo Kodim 0411/KM Sertu Een Setiyono membantu warga memasang Septic Tank Portable atau juga yang dikenal dengan nama Bio Septic, merupakan bantuan dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Cipta Kerja Lamteng kepada Ibu Sumi (77 th) di Dusun 08 Kampung Sendang Rejo Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Minggu (27/08/2023) 


Pemasangan Septic Tank Portable tersebut arahkan langsung oleh Pimpinan Cipta Kerja Lamteng diwakili Nanang Supoyo,S.T. dengan dihadiri oleh Kadus 8 Supri dan dibantu oleh warga sekitar.

Nanang Supoyo,S.T. mengucapkan terima kasih atas hadirnya Babinsa di tengah-tengah warga, apalagi Babinsa ikut serta membantu dari proses awal, baik dalam mengali lubang septic tank sampai dengan pemasangan.


"Bio Septic Tank merupakan Septic Tank yang menggunakan biotechnology dalam sistem penguraian limbah toilet, dalam hal ini menggunakan bakteri untuk mengurai kotoran sehingga sistem lebih hemat ruang namun akan menghasilkan proses maksimal," ucapnya.

"Tidak hanya dalam proses penguraiannya saja, namun juga memperhatikan pemurnian hasil limbah cair yang dikeluarkan sehingga lebih ramah lingkungan, adapun manfaatnya adalah Pertama, manfaat dalam penggunaan septic tank jenis ini adalah lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan septic tank pada umumnya. Perlu kita ketahui bersama, jika menggunakan septic tank ini, maka limbah yang keluar akan cenderung tidak memiliki bau. Pastinya aman apabila secara tidak sengaja terserap ke tanah. Sehingga jangan khawatir apabila Anda memiliki masalah pada septic tank. Misalnya seperti kebocoran pipa. Karena limbahnya pun tidak mencemari lingkungan sekitarnya, " lanjutnya.


"Hal ini tentunya sedikit berbeda dengan septic tank pada umumnya atau yang biasa dipasang dengan batu bata dan cor beton. Meski dilengkapi dengan beragam alat filtrasi pada dinding-dinding septic tank, namun seringkali mengundang masalah," imbuhnya.

"Kemudian yang kedua, manfaat dalam penggunaan septic tank bio di rumah adalah tidak tercemarnya dan aman untuk air tanah di sekitar tempat pembuatan septic tank tersebut. Hal ini dijamin dan  dianggap memiliki keunggulan tersendiri. Berbeda dengan yang konvensional. Meskipun sudah disaring, tetap saja sering kali terjadi rembesan yang membuat air tanah tercemar kotoran septic tank. Dengan begitu membuat air tanah tidak layak konsumsi lagi. Sementara septic tank bio memiliki teknologi penyaringan mutakhir sehingga kita tak perlu khawatir lagi," jelasnya.


"Manfaat selanjutnya adalah memiliki Daya Tampung Pas dan Anti Bocor, hal ini dikarenakan air dari septic tank bisa langsung diarahkan ke bagian selokan, sehingga tidak perlu khawatir lagi daya tampung air meluber," pungkasnya.

Sementara itu Babinsa Sertu Een Setiyono mengatakan, "Septic tank ini dibuat dari bahan serat fiber. Dengan bahan tersebut akan membuat penampungan tidak mudah bocor. Selain itu bisa diletakkan di dalam tanah untuk jangka waktu yang panjang," ujarnya. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar