Rabu, 26 Agustus 2020

Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0411/LT Kenalkan Masakan Khas Lampung



Majalah Saung Teritori

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cab.XXXI Dim 0411 Ny. Novi Andri Hadiyanto bersama pengurus dan anggota berinovasi dengan memberikan tutorial serta mendemokan cara memasak makanan dan minuman yang unik dan lezat di Lapangan Outdor Makodim 0411/LT. Rabu (26/08/20).

Dengan bahan-bahan yang mudah dicari serta cara pembuatan yang mudah, Persit KCK membuat terobosan berupa penyebaran informasi sampai pada pemberian tutorial cara membuat dan memasak kuliner Nusantara agar bisa dilakukan di rumah personel Kodim 0411/LT maupun masyarakat binaan..

Beberapa hidangan yang didemokan antara lain Peros Masin yaitu masakan khas Lampung atau bisa disebut juga dengan asam padeh ikan mujair yang berasal dari daerah Lampung Barat.

Pandap merupakan salah satu masakan khas provinsi Lampung yang berbalut daun talas, walau sepintas terlihat seperti pepes karena penyajiannya sama-sama dibungkus namun pandap memiliki ciri tersendiri yaitu bentuknya memanjang seperti persegi empat.

Selanjutnya adalah Sambal Kweni, sambal khas Lampung ini berbahan buah kweni, buah sejenis mangga, akan tetapi daging buahnya lebih berserat dan akan berbau harum jika sudah matang. Dari bahan buah kweni yang kemudian diolah menjadi sambal biasanya oleh orang-orang Lampung akan disandingkan dengan hidangan pindang ikan saat disantap.

Terakhir Persit memperkenalkan Es Serbat Kweni yaitu salah satu minuman khas Lampung yang terbuat dari potongan daging buah mangga kweni, gula dan selasih, oleh masyarakat Lampung minuman ini dijadikan salah satu menu andalan untuk menjadi teman di meja makan saat dihidangankan. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar