Minggu, 08 Januari 2023

Wujudkan Swasembada Pangan Nasional, Kodim 0411/KM Persiapkan Lumbung Padi


Majalah Saung Teritori

Dalam rangka mewujudkan Swasembada Pangan Nasional, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. menginstruksikan jajaran koramilnya agar memiliki lumbung padi yang merupakan realisasi peritah dari Komando Atas, bahwa aparatur TNI harus bisa mewujudkan swasembada pangan dalam waktu dua tahun. Minggu (08/01/23)

“Menteri Pertanian menargetkan tiga tahun untuk mewujudkan swasembada pangan, dan bapak Ksad menargetkan untuk TNI AD agar bisa mewujudkannya dalam waktu dua tahun,” jelas Dandim.

Dandim 0411/KM mengatakan, setiap lumbung padi ditargertkan bisa menyimpan sebanyak 5 ton gabah agar bisa menjadi persediaan atau cadangan untuk masyarakat. “Lumbung padi ini untuk menghadapi berbagai ancaman jangka pendek dan jangka panjang. Ini bisa menjadi solusi untuk cadangan pangan,” lanjutnya.

Namun Dandim menambahkan, kebijakan membuat lumbung tersebut diharapkan juga agar dilakukan oleh seluruh elemen sehingga dengan adanya lumbung padi/gabah, maka indeks tanam tiga kali masa tanam dalam satu tahun, bisa tercapai. “Makanya kami perlu peran serta aktif semua pihak untuk mewujudkan target tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Danramil 411 - 11/TB Kapten Inf Gunawan mengatakan, "Saat ini untuk Satuan Koramil 411-11/TB sudah mulai membangun lumbung padi dengan tahapan pemasangan kerangka atap dan pengecatan asbes  Lumbung Padi," ucapnya.

"Pembuatannya melibatkan 4 personel Anggota Koramil dan dibantu oleh 1 orang tukang serta 1 orang kuli setiap harinya," pungkasnya. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar