Selasa, 17 Januari 2023

Wantilan Pura Darma Jaya Sakti dibangun dengan semangat kegotong-royongan


Majalah Saung Teritori

Babinsa Koramil 411 - 04/Trimurjo Kodim 0411/KM Sertu Sucipto bergotong royong bersama warga dalam kegiatan pembangunan Wantilan di Pura Darma Jaya Sakti (Gedung Serbaguna Umat Hindu) bertempat di Lingkungan IV Kelurahan Trimurjo Kabupaten Lamteng. Selasa (17/01/2023)

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut Camat Trimurjo Suparyono,SIP.,MM., Lurah Trimurjo Tri Budiwarsono, Kepala Lingkungan IV Awik, Parisada umat Hindu, Mangku umat Hindu Lingkungan IV Miswanto dan sekitar 50 warga masyarakat umat Hindu.


Perlu diketahui Wantilan adalah sebuah paviliun Bali (bale) yang digunakan untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang. Wantilan adalah jenis bale terbesar dalam arsitektur Bali. Sebuah wantilan pada dasarnya merupakan sebuah balai tanpa dinding besar yang ditempatkan di bawah atap bertingkat besar. Sebagai bangunan umum, wantilan biasanya terletak di persimpangan lapangan atau persimpangan utama desa dan berfungsi sebagai ruang terbuka untuk mengadakan kegiatan masyarakat seperti ruang pertemuan atau pertunjukan gamelan untuk publik. Wantilan juga merupakan bangunan religius, bagian integral dari Pura Bali yang digunakan untuk mengadakan upacara sabung ayam khas Bali (tajen Bali). (DL)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar