Senin, 16 Januari 2023

Nonton Bareng (Nobar) Pagelaran Wayang Orang dengan lakon 'Pandowo Boyong'


Majalah Saung Teritori

Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono, A.Md. beserta anggota melaksanakan Nonton Bareng (Nobar)  Pagelaran Wayang Orang dengan lakon 'Pandowo Boyong' bertempat di Aula Pamungkas Kodim 0411/KM Jln Veteran Kelurahan Hadimulyo Barat Kota Metro dan juga dilaksanakan oleh seluruh prajurit Kodim 0411/KM di Koramil-koramil jajaran. Minggu malam (15/01/23)

Terlihat hadir dalam nobar Pj Pasiops Kapten Inf Tri Yuli P. Pj Pasipers Kapten Inf Sapji, Danunit Intel Letda Arh Rahmat M., Pa Sandi Letda Inf Yanedi dan Anggota Makodim 0411/KM


Pagelaran Wayang Orang ini digelar dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera Tahun 2023 TNI AL dan memiliki keistimewaan yaitu dalam cerita Pandawa Boyong ini, Bima Sema diperankan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Prabu Puntadewa diperankan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, Bathara Guru diperankan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana Muhammad Ali berperan sebagai Batara Baruna dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Eyang Abiyasa. Sedangkan Dewi Nagagini diperankan oleh istri Yudo Margono, Vero Yudo Margono, yang juga Ketua Umum Dharma Pertiwi.

Selain itu, pagelaran wayang orang ini berkolaborasi dengan berbagai tokoh lintas generasi serta berbagai unsur seperti Laskar Indonesia Pusaka, Paguyuban Wayang Orang Barata serta prajurit TNI Angkatan Laut.


Komandan Kodim 0411/KM Letkol Inf Sihono, A.Md. menjelaskan,”Dari cerita wayang orang yang berjudul  Pandawa Boyong tersebut merupakan kisah tentang lima ksatria bersaudara (Pandawa) boyongan atau pindah dari Alengka yang dikuasai oleh Kurawa menuju Astinapura,” jelasnya.

“Kita dapat belajar dari kisah perjuangan para Pandawa yang merupakan lambang kehidupan. kita sebagai Apkowil yang juga adalah bagian dari masyarakat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan semangat serta nilai-nilai Pancasila yang diwakili oleh masing-masing sosok para Pandawa Lima,” lanjut Dandim.


Nobar ini dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI-Polri di seluruh Indonesia, dengan demikian diharapkan kekompakan TNI- Polri dan Pemerintah Daerah serta semua elemen masyarakat akan bersatu padu berusaha dan berpaya menyelesaikan semua permasalahan yang ada sehingga semua permasalahan tersebut bisa di selesaikan dengan baik. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar