Minggu, 10 Desember 2023

Pentingnya Pembinaan Karakter Bagi Siswa-siswi Sekolah


Majalah Saung Teritori

Pendidikan pembinaan karakter (Character Bulding) bagi siswa sekolah dalam membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab.

Untuk itu Babinsa Koramil 411-15/Kalirejo Kodim 0411/KM Sertu Een Setiyono atas permintaan dari pihak sekolah memberikan pelatihan dasar Latihan Baris Berbaris dan Tata Cara Upacara kepada 120 siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Minggu (10/12/23) 


Pembentukan karakter ini bukan hanya merupakan tanggung jawab dinas-dinas pendidikan, akan tetapi juga merupakan tanggung jawab pemerintah termasuk TNI. Pelatihan LBB (Latihan Baris Berbaris) sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. 

Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk membela Negara. Dari latihan ini diharapkan semua siswa dan siswi nantinya dapat menerapkannya disekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Hal juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.



Danramil 15/KR Kapten Czi Yatiman,S.H. menyampaikan, tujuan melatih LBB adalah untuk membentuk jasmani yang tegap, tangkas disiplin, dan memiliki rasa persatuan, harapannya dengan adanya latihan seperti ini maka siswa-siswi sekolah bisa memberikan sumbangsih dengan mencetak generasi-generasi muda yang handal, memiliki karakter dan ahlak yang baik dimasa depan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakasiswa SMK M 1 Kalirejo Drs. Hamzah dan Guru BK Imam Santoso,S.Pd. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar