Selasa, 19 Desember 2023

Pelaksanaan Upacara HBN di Pemkot Metro dan Kodim 0411/KM


Majalah Saung Teritori

Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. diwakili Kasdim Mayor Inf Wawan Cahya Gunawan,S.H. mengikuti rangkaian Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 yang dipimpin oleh Wakil Walikota Metro Drs. Qomaru Zaman,MA. bertempat di Lapangan Apel Kantor Walikota Metro, Jl. AH Nasution, Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro. Selasa (19/12/23)

Mengusung tema Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju, kegiatan tersebut diikuti oleh Unsur Forkopimda dan seluruh Pejabat Eselon IV serta Pejabat Fungsional di Lingkup Pemerintahan Kota Metro. 

Hari Bela Negara (HBN) merupakan hari bersejarah bagi Indonesia dalam rangka memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Sumatera Barat, yang selanjutnya ditetapkan oleh Presiden RI dalam Keputusan Presiden Nomor 28 tahun 2006. Selanjutnya, dalam Peraturan Presiden Nomor 115 Tahun 2023 tentang Kebijakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara, peringatan Hari Bela Negara merupakan salah satu program Rencana Aksi Nasional Bela Negara (RANBN) yang harus dilaksanakan oleh seluruh Kementerian/Lembaga, Pemda, TNI dan Polri setiap tahun sebagai bagian dari RencanaInduk Pembinaan Kesadaran Bela Negara kurun waktu 2020 - 2045. 


Pada upacara tersebut, para peserta upacara akan mengucapkan ikrar Bela Negra yang berisi: 

Ikrar Bela Negara

Kami Warga Negra Indonesia Menyadari Sepenuhnya Bahwa Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan, Keutuhan Wilayah, Dan Keselamatan Bangsa Demi Kelangsungan Hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia, Berjanji Untuk Selalau Bersikap dan Berperilaku : 

1. Mencintai Tanah Air 

2. Memilik Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

3. Setiap Pada Pancasila Sebagai Ideologi Negara

4. Rela Berkorban Bagi Bangsa dan Bernegara

5. Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara

Pada keempatan terebut Inspektur Upacara dalam hal ini Walikota Metro membacakan amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang isinya sebagai berikut.  

- Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini pada tanggal 19 Desember 2023 kita dapat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 dalam keadaan sehat walafiat, Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk Bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita- citakan, Intinya, Hari Bela Negara hendaknya tidak sekedar dirayakan sebagai sebuah hari peringatan saja, namun harus menjadi momentum untuk komitmen bersama dalam mengobarkan semangat Bela Negara guna mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045.

- Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

- Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air., Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Aamiin aamiin Ya Rabbal Alamin., Semangat Hari Bela Negara Ke-75 "Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju." 



Sementara itu di Kodim 0411/KM pelaksanaan Upacara HBN digelar di Lapangan Apel Makodim dengan diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0411/KM. Selaku Irup Pabung Lamteng Mayor Inf Agus Waluyo, Perwira Upacara Kapten Inf Gunawan, Komandan Upacara Kapten Czi Yatiman,S.H. dan pembawa Doa Letda Inf  Sudarto.

Usai pelaksanaan upacara, mewakili Dandim 0411/KM  Pabung Lamteng memberikan Piagam Penghargaan Babinsa Teladan kepada Babinsa Koramil 411-12/Gunung Sugih Sertu Edi Sartono yang mana telah menunjukkan solidnya jalinan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah binaan.



Ini dibuktikan dengan adanya lapor cepat dari warga masyarakat (pekerja Petugas Pengawas Lapangan Ronding) saat menemukan puluhan butir munisi dan granat tangan di pinggiran jalan tol KM 118. pada Kamis sore (23/11/23) yang lalu. 

Adapun munisi dan handak yang berhasil diamankan diantaranya Munisi kaliber 7,56 mm sebanyak 88 butir, Munisi .30 (poin tiga puluh) sebanyak 3 butir, Munisi .45 (poin empat lima) sebanyak 1 butir dan 1 buah granat nanas. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar