Minggu, 31 Mei 2020

TNI - Polri dan Pemkot Metro Apel Siaga Penegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan


Majalah Saung Teritori

200 Personel Kodim 0411/LT terdiri dari Angota Staf Makodim dan Koramil jajaran serta PNS  Kodim 0411/LT mengikuti Pelaksanaan Apel Siaga Penegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan di wilayah Kota Metro dipimpin langsung oleh Walikota Metro Hi. Achamd Pairin,S.Sos, didampingi Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.,M.Si bersama Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati, S.Sos, S.Ik, MH, Sabtu (30/5).


Apel Siaga tersebut digelar di Jalan Simpang tiga Taman Kota Metro diikuti oleh 2 Kompi Anggota Kodim 0411/LT, 1 Peleton Detasemen Polisi Militer II/3 Lampung, 1 Peleton Yonif 143/TWEJ, 1 Peleton Batalyon Infanteri 7 Marinir, 2 Kompi Polres Metro, 1 Peleton Satpol PP Kota Metro, 1 Peleton Diskes, 1 Peleton Damkar, 1 Peleton Dishub dan 1 Peleton Camat dan Lurah se Kota Metro.


Hadir dalam kegitan tersebut Danden POM 3/II Lampung, Danyon Marinir Piabung, Danyonif 143/TWEJ, Ketua DPRD Kota Metro, Kasiops Korem 043/Gatam Letkol INF Erwinsyah Taufan serta seluruh jajaran OPD terkait Kota Metro.


Walikota Metro, A. Pairin memberikan ucapan “Saya ucapkan selamat hari Raya Idul Fitri bagi semua, untuk kesekian kalinya kita melaksanakan apel siaga sama seperti sebelumnya yaitu tetap berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19.Oleh karena itu apel siaga penindakan disiplin mematuhi protokol kesehatan hari ini untuk mengawali kegiatan kita selama satu bulan kedepan,” .


Dalam sambutannya Walikota menyampaikan Tiga Langkah penanganan virus Covid-19, yakni Pertama tindakan preventif yaitu mengajak masyarakat melakukan social distancing atau jaga jarak, kedua langkah kuratif yaitu mempersiapkan prasarana seperti rumah sakit dan yang ketiga langkah promotif yaitu mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga pola hidup bersih dan sehat.


Usai melaksanakan apel siaga penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan, selanjutnya Kapolres Metro bersama Dandim 0411/LT langsung memberikan arahan kepada Kapolsek dan Danramil berserta Forkopimda dalam Tim Gugus Tugas Covid -19 Kota Metro.


Arahan tersebut terkait sosialisasi penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan kepada masyarakat terkait pandemi Covid-19 menuju New Normal saat ini, yang diterapkan kepada Tim Gugus Tugas Covid -19 di wilayah tugas masing-masing yang terbagi dalam lima sub wilayah di Kota Metro.


Kapolres Metro, AKBP Retno Prihawati, S.Sos, S.Ik, MH, mengatakan, sesuai perintah Presiden bahwa kegiatan TNI /Polri mengawal kehidupan masyarakat menuju new normal.

“Kita akan melaksanakan pendisiplinan the new normal yang ada di indonesia. Kita harus satukan pikiran memahami konsep apa yang kita kerjakan.Sesuai perintah presiden bahwa TNI/Polri mengawal kehidupan kenormalan yang baru, perintah itu agar Kapolri dan Panglima sampai ke lini bawah melaksanakan tahapan pendampingan sampai kehidupan itu berjalan baik.Kita mengajak steakholder agar kegiatan tersebut diteruskan,jangan sampai kita salah melepas konsep kenormalan tersebut kepada masyarakat yang akan berdampak hancurnya semua tatanan kehidupan masyarakat.Mari satukan hati dan pikiran kita semoga Allah meridhoi ikhtiar untuk Kota Metro bebas Covid-19,” ujar Kapolres.


Penutup disampaikan Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.,M.Si bahwa langkah pemerintah melaksanakan kegiatan penegakan disiplin serta pendampingan agar kehidupan masyarakat dapat normal kembali namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Latar belakang dilaksanakan kegiatan ini, bahwa pandemi covid-19 diprediksi ahli di dunia bahwa tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Sehingga tidak mungkin suatu wilayah melaksanakan PSBB dan Lockdown terus menerus,karena berdampak hancurnya kehidupan yang dibatasi.Oleh karena itu pemerintah mengambil langkah agar kehidupan normal kembali namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita akan menerapkannya satu bulan kedepan serta mengevaluasi hasil kegiatan itu. Adapun pokok perintah operasi yaitu melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan pada ruang publik diseluruh wilayah Kota Metro. Tentunya dengan konsep operasi dengan mengedukasi dan mengajak masyarakat serta menghimbau yang belum mematuhinya juga menertibkan akan protokol kesehatan. Terakhir menjaga keamanan dan ketertiban dan langkah refresif secara humanis kepada masyarakat,” tutup Dandim.


Tujuan pelaksanaan apel ini merupakan persiapan menghadapi New Normal bagi masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan uji coba selama satu bulan ke depan dan akan ada penyediaan tower air di beberapa titik keramaian, dua unit bentor, alat semprot desinfektan dan alat sterilisasi bagi pedagang.


Selanjutnya para peserta apel melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penyemprotan Disinfektan ke titik-tikit vital di 5 kecamatan yang ada di Kota metro. (DL)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar