Minggu, 24 Mei 2020

Dandim 0411/LT beri arahan anggotanya tentang Penekanan Kasad


Majalah Saung Teritori

Komandan Kodim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.,M.Si didampingi Kasdim Mayor Inf Ucok Namara dan Pabung Lamteng Mayor Inf Bagus S. memberikan arahan tentang Penekanan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa kepada para Perwira Staf, Danramil dan Babinsa hasil dari mengikuti Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Aula Pamungkas Makodim 0411/LT, Sabtu (23/05).

Dandim 0411/LT menyampaikan arahan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan tentang penekanan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa, dalam membantu Pemda setempat agar diberikan pemahaman kepada seluruh anggota dalam melaksanakan kegiatan pembatasan untuk mempertimbangkan konsideran yang satu dengan lainnya. Kegiatan prajurit di lapangan dalam membantu pengaturan PSBB atau giat pembatasan lainnya agar lebih fleksibel dan humanis.

Kasad juga menghimbau agar dalam membantu Pemda di lapangan seyogyanya TNI lebih dewasa dan jangan terlalu kaku dalam penyampaian pembatasan ke masyarakat. 

“Jangan sampai kita yang terlibat untuk membantu Pemda terasa terbebani terkait dengan dukungan.  Apabila dibutuhkan ajukan ke Komando atas kebutuhan yang diperlukan dalam rangka pencegahan Covid 19. Para Babinsa agar membantu pendataan Bansos/Verifikasi data serta pengantaran langsung Bansos ke rumah warga," ucap Dandim menjelaskan arahan Pangdam.


“Menghimbau masyarakat untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri secara berjamaah di rumah masing-masing. Namun bila masih ada yang melaksanakan di masjid-masjid atau di lapangan, agar dibantu pelaksanaan pengamanannya dengan tetap mempedomani protokol kesehatan," tambahnya.

Kasad juga menekankan agar mendukung Rapid Test dan alat swab kepada Kodam II/Swj dan Korem jajaran yang diperuntukan untuk prajurit TNI AD.

Kemudian Dandim menyampaikan penekanan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan agar mewaspadai adanya Ruralisasi (perpindahan warga dari kota ke desa) dan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri serta masuknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) maupun TKI yang mengakibatkan permasalahan sosial dan physical distancing, khususnya pengawasan dan pengamanan di pintu masuk bandara maupun pelabuhan agar lebih diperketat.


"Dalam melaksanakan pengawalan terhadap pemulangan buruh yang terkena PHK agar di koordinasikan dengan Pemda dan Kepolisian (Tidak boleh melaksanakan pengawalan sendiri yang dilakukan oleh Babinsa).Monitor terhadap TKA yang ada di wilayah masing - masing," jelas Dandim menyampaikan pesan Pangdam II/Swj. 

Terakhir Dandim memberikan penekanan kepada Koramil jajaran agar memonitor siswa Secaba dan Secata Rindam II/Swj yang sedang melaksanakan dinas cuti lebaran di daerah masing-masing (awasi dan berikan pemahaman tentang Protokol covid-19).(DL).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar