Jumat, 01 Mei 2020

Tak Luput dari Perhatian, Kodim 0411/LT beri bantuan Sembako kepada para Penggali dan Penjaga Makam di wilayah binaannya


Majalah Saung Teritori

Jumat, (01/05/2020) kembali dijadikan momen sebagai hari yang membawa keberkahan oleh Satuan Kodim 0411/LT kepada masyarakat binaan.

Ini terlihat dengan dilaksanakannya kegiatan Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0411/LT untuk mebagikan Sembako kepada para pekerja penggali dan Penjaga makam/Juru Kunci Makam di wilayah seputar Kota Metro. 

Sasaran awal meliputi tiga Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah Kota Metro diantaranya TPU Kelurahan Hadimulyo Barat, Hadimulyo Timur dan Kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat.

Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.,M.Si didampingi Mayor Inf Ucok Namara dan Mayor Inf Bagus S. dihadapan para Babinsanya mengatakan "Di sekitar kita saat-saat seperti sekarang ini, yaitu masa dimana banyak masyarakat sedang berjuang melawan dan berupaya mencegah penyebaran Covid 19 tentunya menjadikan Pemerintah Daerah juga instansi terkait terperas pemikirannya untuk menciptakan stabilitas kondisi ekonomi di wilayah masing-masing"

"Namun sebagai manusia tentunya human error bisa saja terjadi, yaitu ada sekelompok orang yang mungkin saja terlewati perhatiannya dan bisa saja tidak terdata sebagai warga yang berhak menerima bantuan dari peperintah" ucap Dandim dengan wajah serius.

"Seperti contohnya para penggali makam ataupun penjaga makam, padahal mereka adalah pahlawan dimana pada masa Pandemi Covid, mereka mau tidak mau harus tetap melaksanakan kegiatannya, yaitu menggali kubur" lanjutnya.

"Seperti kita ketahui bersama, kemarin-kemarin kita sempat mendengar tentang adanya informasi di beberapa daerah yang menolak jenazah korban virus Corona, bahkan ada beberapa penggali makam yang dikucilkan oleh masyarakat bila mau memakamkan jenazah tersebut dengan alasan bisa saja tertular virus berbahaya ini" tambahnya.

"Padahal para penggali makam tersebut bisa kita katakan sebagai pahlawan yang tak terlulis namanya, atau bisa kita sebut juga pahlawan yang terlupakan, bagaimana tidak, demi tugas yang mereka emban apapun resiko yang bisa saja menimpa mereka, ditepiskan dengan dasar tanggung jawab suatu amanah pekerjaan". imbuh Dandim 0411/LT 

"Satuan Kodim 0411/LT yang senantiasa selalu menerima informasi dari para Babinsa saat menyerap aspirasi masyarakat ketika melaksanakan kegiatan Komsos di wilayaah binaan berempati kepada pahlawan-pahlawan yang terlupakan tersebut, maka sudah selayaknya kepedulian kita terpanggil untuk memberikan perhatian kepada mereka" tandasnya.


Kegiatan Peduli Penggali dan Penjaga Makam tersebut dilaksnakan sebagai wujud nyata dalam meringankan kondisi perekonomian di tengah pandemi Covid 19 dimana para penggali dan penjaga sudah tentu ada yang memiliki keluarga dan sedikit banyaknya terdampak oleh situasi lockdown yang sedang dilaksanakan di seluruh daerah guna pemutus rantai penyebaran Virus Corona. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar