Kamis, 15 Oktober 2020

Personel Kodim Terima Materi Permildas dari Tim Waslakgiat Kodiklat TNI AD

Majalah Saung Teritori

Tim Waslakgiat Peraturan Militer Dasar (Permildas) Komando Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD yang dipimpin oleh Spaban Permildas Sdirdok Kodiklatad  Kolonel Inf Mokhamad Syaeful Azis bersama Pabanda -1/P5 Spaban Sdirdok Kodiklatad  Letkol Inf  Danu Sucipto, Pabandya -2 TUM Gamad Spaban Permildas Sdirdok Kodiklatad Letkol Inf Aguswanto, S. A. P. M. M Kaur Rendal Satbenkang Denma Kodiklatad Kapten Cba Ian Fitriana, di Makodim 0411/LT Jalan Veteran No 29 Bedeng 22 Hadimulyo Barat Kota Metro. Kamis (15/10/20).

Kedatangan Tim Waslakgiat Permildas disambut langsung oleh Komandan Kodim 0411/LT Letkol Inf Andri Hadiyanto,M.Han., Kasdim Mayor Inf Bagus Setiawan,S.Sos, Pasi Ops Kapten Chb Santoso, Pasi Pers  Kapten Arh Bend Djohan dan Pasi Log Kapten Czi Mulyono.

Dalam sambutannya Ketua Tim Pabanpermildas Sdirdok Kodiklatad  Kolonel Inf Mokhamad Syaeful Azis  menyampaikan di masa sekarang yang serba canggih, prajurit Kodim 0411/LT dituntut untuk memelihara kemampuan dasar-dasar keprajuritan agar menjadi prajurit yang profesional. 

"Maksud dan tujuan kedatangan kami, untuk melaksanakan sosialisasi Permildas bagi prajurit Kodim 0411/LT,  menyeragamkan gerakan permildas di jajaran TNI-AD, Permildas merupakan peraturan yang mengatur dasar kemiliteran dan wajib dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI, semua itu bertujuan untuk mewujudkan prajurit profesional yang disiplin dan siap melaksanakan tugas," tegasnya.

"Pimpinan TNI AD melalui Kodiklat TNI AD mengambil suatu kebijakan dengan melaksanakan Pengawasan Pelaksanaan Kegiatan Permildas ke satuan jajaran. Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi perbedaan pelaksanaan Permildas antara satuan atas dan satuan bawah, dengan harapan semua harus kompak dan seragam, baik dalam pola berpikir, pola sikap dan pola tindak di lingkungan TNI AD,” pungkas Kolonel Inf Mokhamad Syaeful Azis.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0411/LT Letkol Inf Andri Hadiyanto,M.Han. mengatakan, kunjungan Tim Wasgiat Permildas Kodiklat TNI AD  di Kodim 0411/LT ini bertujuan untuk melihat dan menilai sejauh mana kemampuan Permildas yang dimiliki Prajurit Kodim 0411/LT.

Lanjut Dandim, salah satu tujuan Tim Wasgiat Permildas mengunjungi Kodim 0411/LT adalah dalam rangka menyatukan persepsi pelaksanaan Permildas khususnya dalam hal Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Permildas merupakan pedoman dasar keprajuritan yang harus dimengerti dan dipahami oleh setiap prajurit, harus ditaati dan dijadikan pedoman dalam tugas sehari hari, dengan kegiatan ini pula, kita mengingat kembali Permildas yang telah didapat sewaktu pendidikan dasar dan lanjutan.” ujar Dandim.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi dari hasil sosialisasi yang telah dilaksanakan di tingkat MABESAD beberapa waktu lalu," pungkas Dandim.

Dalam kegiatan Waslakgiat Permildas tersebut Letkol Inf Aguswanto,S.A.P.,M.M dan Kapten Cba Ian Fitriana, menjelaskan dan sekaligus mempraktekkannya di lapangan kepada prajurit Kodim 0411/LT antara lain bagaimana pelaksanaan laporan petugas piket, urut-urutan pelaksanaan kegiatan apel dan tata cara laporan pada kegiatan apel.

Materi lainnya adalah tata cara penghormatan meliputi bagaimana aturan saat melaksanakan penghormatan kepada Perwira Tinggi, penghormatan kepada Pamen (atasan langsung), penghormatan  perorangan dan penghormatan hubungan kelompok. (DL)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar