Kamis, 01 Oktober 2020

Dengan Terapkan Protokol Kesehatan Koramil-koramil Jajaran Kodim 0411/LT Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual


Majalah Saung Teritori

Kodim 0411/LT dan Koramil Jajaran melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di aula Makodim dan Makoramil-makoramil, Kamis pagi (01/10/2020).

Berbeda seperti biasanya, upacara tahun ini digelar secara virtual, dan terpusat di Jakarta. pelaksanaan upacara tersebut dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.


Usai melaksanakan upacara dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Komandan Kodim 0411/LT menyempatkan untuk memberikan pengarahan terhadap anggotanya.

Dandim mengingatkan bahwa ideologi bangsa Indonesia hanya satu yakni Pancasila. Dalam perjalanannya, ideologi bangsa ini, pernah ingin dirubah dengan beberapa ideologi lain seperti komunis, pada tahun 1965 lalu.


“Kita melaksanakan Upacara Kesaktian Pancasila secara virtual ini adalah realisasi dari perintah Komando Atas, sehingga Prajurit Kodim 0411/LT dapat mengikuti upacara yang dipimpin oleh langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta" jelasnya.

"1 Oktober adalah momentum pengasan bahwa Pancasila tidak bisa diubah oleh ideologi lain,” tegasnya.

Hari Kesaktian Pancasila lahir dari peristiwa Gerakan 30 September pada tahun 1965. Diketahui pada peristiwa yang dikenal dengan sebutan G 30 S/PKI itu, 6 Jenderal dan 1 orang Perwira Pertama gugur menjadi korban keganasannya. (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar