Selasa, 25 Februari 2020

Sinergitas TNI - Polri Kecamatan Seputih Surabaya dalam melatih Hansip PBB


Majalah Saung Teritori

Serma Suherman Babinsa Koramil 411-20/SS bersama Bhabinkamtibmas Polsek Seputih Surabaya Bripka Kadek melatih Peraturan Babis Berbaris (PBB) kepada 30 Anggota Linmas Kampung Srimulyojaya Kecamatan Seputih Surabaya menyongsong Lomba Kampung tingkat Kabupaten Lampung Tengah mendatang. Selasa (25/02)

Pasukan Pertahanan Sipil atau yang dikenal dengan nama Hansip adalah salah satu elemen pertahanan yang ada di semua desa. Anggotanya direkrut dari warga desa setempat yang mau dan rela ikut menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar tempat tinggalnya.

Salah satu syarat wajib yang harus dipunyai oleh Hansip adalah kemampuan dalam baris berbaris. Namun, tidak semua Anggota Hansip punya bakat untuk melakukan itu, mereka terkadang mau menjadi Hansip hanya karena melengkapi jumlah yang dibutuhkan oleh desanya.

Ini tak heran kenapa dalam melatih Hansip, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sering sekali kewalahan melaksanakannya, disamping usia terkadang tubuh yang kaku dalam melaksanakan materi yang diberikan seperti Sikap Sempurna, Sikap Istirahat, Penghormatan dan Hadap Kanan/Kiri membuat Babinsa dan Bhabinkamtibmas memeras tenaga dan fikiran.

Serma Suherman yang memahami hal tersebut sempat memberikan pertanyaan-pertanyaan humor ringan untuk mereefreshkan suasana yang tegang. salah satunya dengan perhatian-perhatian yang bersifat rileks "Sikap istirahat itu tangan kanan digenggam oleh tangan kiri dan tangan kanannya mengepal, jangan tegang-tegang, bayangkan saja seperti menggenggam tangan istri masing-masing, santai namun mempesona" (DL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar