Jumat, 05 April 2019

TERKUAK !!! Alasan Dandim 0411/LT Siram Anggotanya


Majalah Saung Teritori. 

Selasa lalu (2/4) Kodim 0411/LT melaksanakan Upacara Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2019 yang diikuti oleh 50 Personel Kodim 0411/LT beserta istri dengan Irup Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.,M.Si dan dihadiri Kasdim 0411/LT, Para Perwira Staf, Danramil dan Pengurus Persit KCK Cabang XXXI Koorcab Rem 043 di Lapangan Apel Makodim 0411/LT.

Dalam amanatnya Dandim 0411/LT mengatakan "Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi itu bukanlah hadiah, akan tetapi suatu prestasi bagi prajurit sekalian, apabila seorang prajurit ketika naik pangkat lancar-lancar saja karena merasa itu merupakan sebuah HAK dan tidak ada suatu tantangan perjuangan dalam meraihnya maka itu akan dirasakan biasa saja, tidak bisa menjadi sebuah momen kenangan yang indah untuk diingat, namun bila  seorang prajurit yang sudah waktunya mendapatkan haknya dan tidak cukup dengan mengandalkan hak tersebut maka butuh perjuangan untuk meraihnya, itulah yang menyebabkan kenaikan pangkat sebagai momentum yang luar biasa".

"Semakin tinggi pangkat kita maka beban dan tanggung jawab yang dipikul akan lebih berat, semoga Alloh SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan dalam menghadapi tugas-tugas kedepan". imbuhnya.

Seperti diketahui oleh para prajurit, kenaikan pangkat memang sebuah hak prajurit setelah mengabdikan dirinya kepada Negara dan Bangsa selama 5 tahun, akan tetapi proses pengajuannya ditentukan oleh Komandan Satuan masing-masing, mulai dari sikap, prilaku, NOL pelanggaran sampai kesiapan fisik untuk melaksanakan GARJAS yang terdiri dari garjas A dan B ditambah lagi kemampuan renang militer akan dinilai`sebagai syarat utama seorang prajurit apakah pantas atau tidaknya untuk naik pangkat.

Dandim 0411/LT beserta Kasdim dan Para Perwira Staf serta Danramil sebelumnya wajib melaksanakan Rakor untuk pengajuan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) para anggotanya, setelah lulus penilaian sikap maka nama-nama prajurit tersebut akan diberi Bimbingan dan Asuhan (bimsuh) selama 3 bulan oleh Pasipersdim 0411/LT Kapten Czi Andi Emil Syah yang pelaksanaannya diawasi langsung oleh Kasdim 0411/LT Mayor Inf Ucok Namara.

Pagi dan sore hari 50 personel yang UKP digembleng kembali fisiknya dalam pelajaran lari 2600 meter, push up, sit up, pull up, shuttle run dan kemampuan renang militer (gaya dada) 50 meter. Kegiatan ini saja sudah membuat Kasdim dan Pasipers tidak bisa tidur nyenyak saat ada salah satu personel bimsuh yang sempat dirawat di RS karena kelelahan. Kejadian tersebut segera menjadi evaluasi untuk memperbaiki sistem bimsuh yang dilaksanakan.



"Kami tahu, bimsuh ini mungkin sedikit menambah rasa lelah bagi prajurit, namun nilai garjas fisik tetap akan menentukan apakah para prajurit bisa atau tidaknya naik ke pangkat yang lebih tinggi, faktor usia memang merupakan kendala utama, namun sebagai seorang prajurit itu bukan merupakan alasan untuk tidak berlatih, semua untuk kita sendiri, sehat dan bugar, tetapi sehat dan bugar tersebut akan menjadi berkah bagi keluarga saat pangkat prajurit naik satu tingkat lebih tinggi", ungkap Pasipers Kapten Andi Emil Syah mendampingi Kasdim 0411/LT saat Bimsuh dilaksanakan.

Tidak lupa Pasipers selalu mewanti-wanti pesan Dandim 0411/LT agar jaga keselamatan dan keamanan, karena yang tahu kondisi fisik adalah masing-masing prajurit. "Jangan enggan untuk izin tidak mengikuti bimsuh bila kondisi fisik sedang lemah ataupun sakit". pesan Pasipers yang selalu membuka dan menutup kegiatan bimsuh dengan berdoa.

Melihat perjuangan berat dan melelahkan itulah akhirnya Dandim  0411/LT memutuskan untuk melakukan penyiraman AIR KEMBANG sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT mengingat Personel Kodim 0411/LT yang di UKP kan 100 % berhasil naik pangkatnya.

"Para prajurit sekalian, Kodim` kita memang baru kali ini ada kegiatan penyiraman air kembang bagi personel yang naik pangkat, karena kita semua tahu tidak setiap usulan kenaikan pangkat terjadi bisa berhasil 100% seperti saat ini, selalu ada saja yang sudah berjuang namun pangkatnya tidak naik, kegembiraan yang dilaksanakan saat ada yang sedang bersedih merupakan tindakan yang tidak etis". Ucap Dandim 0411/LT di depan anggotanya saat acara ramah tamah.

Acara ramah tamah yang dilaksanakan itu menjadi momen terindah saat Dandim 0411/LT, Kasdim, para perwira, Danramil dan ibu-ibu persit tersenyum dan tertawa bersama bercerengkama menikmati kopi, teh dan makanan ringan sebagai wujud keberhasilan Satuan Kodim 0411/LT melewati perjuangan UKP.

Terakhir, salah satu perwakilan personel yang naik pangkat menyampaikan kepada Dandim 0411/LT dan yang hadir di acara tersebut bahwa personel yang naik pangkat periode 1 April 2019 menyumbangkan 50 kursi kepada Satuan sebagai wujud rasa syukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah Subhana wa Ta'ala. (DL)   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar