Senin, 23 Januari 2017

KODIM 0411/LT GIAT BERBUDI DAYA CABAI





Kodim 0411/LT dan Jajaran Koramil menggiatkan budi daya menanam cabai di lahan yang bisa dimanfaatkan seputaran perkarangan Makodim 0411/LT, Makoramil, Asrama, Poskesdim bahkan di perumahan Babinsa Kodim 0411/LT yang tersebar di Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah dan Kota Metro

Hal ini sebagai upaya mengantisipasi mahalnya harga cabai di pasar seperti saat ini. Juga bentuk implementasi dari 8 wajib TNI butir ke-8 yang berbunyi ‘Menjadi Contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya” agar ketahanan pangan tetap kondusif di wilayah Teritorial Kodim 0411.LT.

Babinsa melaksanakan pengumpulan data harga cabai yang saat ini masih dinilai terlalu tinggi berkisar Rp 90.000,- s.d. Rp 120.000,- per kilogram (kg). Padahal, harga normal hanya sekitar Rp 60 ribu-Rp 80 ribu per kg.

Walau di Perkarangan Markas Komando tanaman cabai terlihat tetap nyaman dipandang mata karena ditanam dengan menggunakan pot atau polybag  dan disusun dalam rak yang dibuat oleh masing-masing jajaran sehingga tidak merusak pemandangan Markas Komando, asrama, Poskesdes ataupun perumahan Babinsa  di Masyarakat.

Pasiterdim 0411/LT Kapten Inf. Yoga Utama  mendampingi Dandim 0411/LT Letkol Inf. J. Kurniawan,S.I.P. menuturkan bahwa tanaman cabai yang sudah ditanam oleh Anggota Kodim 0411/LT mencapai 6.004 polybag dan  saat panen diharapkan bisa menghasilkan sekitar 3.110 Kg Cabai.

Dengan melonjaknya harga cabai Dandim 0411/LT berhasil menyerap aspirasi masyarakat bahwa saat ini masyarakat sedang berusaha juga mengatasi harga cabai dipasaran, banyak masyarakat yang mengurangi volume pembelian cabai, pedagangpun terpaksa mengurangi stok cabai karena cabai tidak bisa tahan lama dan diiringi dengan menurunnya daya beli masyarakat akan membuat pedagang mengalami kerugian.


Dandim 0411/LT beserta Jajaran akan selalu ditengah-tengah masyarakat mengatasi semua kesulitan masyarakat dengan berkoordinasi dan bekerja sama Pemerintah Daerah, Instansi terkait bahkan masyarakat demi tercapainya ketahanan pangan di wilayah teritorial Kodim 0411/LT serta menjaga kestabilitasan keamanan yang bisa saja muncul akibat gejolak perekonomian yang memancing masyarakat berfikir pendek dalam hal mengatasi kesulitan ekonomi yang saat ini sedang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar