Majalah Saung Teritori
Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. menghadiri Pembukaan Walikota Cup III Kota Metro-Esport Indonesia (ESI) Tournament, sekaligus merayakan HUT TNI ke-77 tahun 2022 bertempat di Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai Kota Metro. Sabtu (15/10/2022)
Walikota Metro dr. Hi. Wahdi,Sp.,OG (K) MH. berkesempatan langsung untuk membukanya dan dihadirioleh Waka BINDA Lampung Kolonel (Sus) Ivan Romel, Kapolres Metro, diwakili AKP Fadil, Kajari Metro Virginia Hariztavianne,SH.,B,Bus,,MM,MH., Kadis Porapar, diwakili Sekretaris, Al Fajar Nasution, Ka KONI Metro Hi. Ampian Bustami,SE., Ka Harian, E'sport Provinsi Lampung Iqbal Adiansyah,S.Si.MM., Ka E'sport Kota Metro Fajar Riatama, HMI dan OKP Kota Metro dan para Peserta Esport Kota Metro.
Dalam sambutannya Ketua Harian ESI Provinsi Lampung mengatakan "Esports Indonesia (ESI) adalah organisasi induk cabang olahraga Esports di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia," ucapnya.
"ESI diharapkan dapat berperan aktif dalam pembinaan Pengurus Cabang Olahraga Esports Lampung, agar dapat melahirkan atlet-atlet Esports Lampung, yang dapat berlaga dan mendulang prestasi dimasa mendatang," lanjutnya.
"Olahraga Esports Indonesia (ESI) sangat populer di kalangan anak muda dewasa ini, esports sebagai salah satu cabang olahraga yang mulai ditandingkan. Pemerintah telah meresmikan esports sebagai cabang olahraga prestasi. Untuk itu, salah satu pengembangan olahraga ini, diharapkan dapat menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terstruktur dan berjenjang," pungkasnya.
Selanjutnya sambutan Walikota Metro, "Atas nama Pemerintah Kota Metro, mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Esport Kota Metro, atas dedikasi dan kerja kerasnya, atas berlangsungnya acara Walikota Cup III Kota Metro-Esport Indonesia Tournament, tahun 2022," kata Walikota
"Diharapkan kepada para peserta ESI yang mayoritas dari kalangan anak muda, diharapkan dapat menciptakan atlet yang dapat membawa nama baik Kota Metro," tutupnya.
Untuk diketahui Olahraga elektronik (bahasa Inggris: electronic sports, e-sports, esports) merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video pemain jamak, umumnya antara para pemain profesional. Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran strategi waktu-nyata, perkelahian, tembak-menembak orang-pertama, dan arena pertarungan daring multipemain.
Turnamen olahraga elektronik pertama terjadi pada 19 Oktober 1972 di Universitas Standford. Turnamen tersebut berjudul Spacewar! dengan bertajuk turnamen Intergalactic Spacewar Olympic. Turnamen tersebut dimenangkan oleh Stewart Brand, seorang mahasiswa jurusan Biologi. Ia mendapatkan hadiah berupa jasa berlangganan majalah Rolling Stone selama satu tahun gratis. Di tahun 1980, diadakan turnamen olahraga elektronik terbesar pertama dengan jumlah partisipan mencapai 10.000 pemain. Sejak saat itu, olahraga elektronik menjadi perbicangan hingga ditayangkan dalam acara televisi.
Di Indonesia, sebelum menjadi olahraga elektronik bermula dari permainan elektronik terlebih dahulu yang dimainkan hanya karena kegemaran saja. Di tahun 1999, permainan daring pertama kali dipertandingkan, dengan judul permainan Starcraft dan Quake II. Di tahun 2002, diadakan turnamen yang bernama Cyber Game, pada saat itu game yang dimainkan bertambah antara lain Age of Empires II, Counter Strike, dan FIFA World Cup. Pertandingan olahraga elektronik di Indonesia terus berkembang, hal ini didukung oleh data bahwa Indonesia pada tahun 2021, menduduki posisi ke 17 pasar permainan daring terbesar dengan pertumbuhan yang sangat cepat. Urutan teratas ada China yang menempati posisi pertama, posisi kedua ditempati Amerika Serikat, dan posisi ketiga ditempati oleh Jepang. Bahkan pemerintah berencana untuk mendistribusikan olahraga elektronik ke dalam ekstrakulikuler di sekolah. (DL)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar