Selasa, 10 September 2024

Komsos Babinsa Koramil 411-14/PR Bersama Petani Bayam

Majalah Saung Teritori

Sebagai seorang Babinsa yang tugas pokoknya adalah pembinaan di wilayah binaan, Serma Dwi Yatmoko salah satu personel Koramil 411-14/PR menjadikan Komunikasi Sosial (Komsos) sebagai salah satu cara agar terus dekat bersama warga masyarakat Kampung Purwosari Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah yang menjadi tugas tanggung jawab monitoringnya.

Di rumah bapak Parto, Babinsa melakukan komsos dengan cara bersilaturrahmi sekaligus menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat tentang komoditi sayuran bayam. Selasa (10/09/24)

Bayam merupakan jenis sayuran yang masih banyak diminati oleh masyarakat luas. Bayam memiliki tekstur rasa yang lezat dan harganya juga terjangkau. Mulai dari tempat makan yang sederhana sampai yang mewah acap kali terlihat daun bayam sebagai bahan sayuran pendamping lauk.

Bapak Parto menjelaskan mengenai dua jenis tanaman Bayam, yaitu Bayam darat dan Bayam air. "Saya memilih untuk menanam tanaman Bayam Darat karena tidak memerlukan persyaratan tempat tumbuh yang sulit. Yang paling penting hanya air saja yang cukup, apabila kekurangan air maka pertumbuhannya akan mengalami hambatan, untuk itu kita wajib menjaganya dengan cara rutin melaksanakan penyiraman,” terangnya.

Bayam darat mempunyai ciri-ciri yang khas yang terdapat pada corak warna daun yang hijau cerah, bunga yang putih dan batang dahan ujung tanamannya yang meruncing kecil dan satu hal yang lebih menarik lagi, apabila sudah dijadikan sayuran, Bayam darat tidak menjadi kaku.

Sembari melihat aktifitas penyortiran helai daun bayam, Serma Dwi Yatmoko berharap ketahanan pangan di wilayah binaannya akan tetap terjaga, “Selain sebagai tolok ukur ketahanan pangan, komoditi seperti ini juga bisa menjadi acuan dalam mempertahankan perputaran ekonomi di wilayah pedesaan selain bahan-bahan pokok lainnya," pungkasnya. (DL)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar