Kamis, 30 Maret 2017

SOSIALISASI PILOT PROJECT BILLING




Danramil 411-11/Purbolinggo Kapten Inf Jumingan diwakili oleh Anggotanya Serma Nasib, Serka Agus S.dan Serda L. Eko S. menghadiri Sosialisasi Pilot Project Billing Sistem On Line pengadaan pupuk secara on line di Desa Toto Projo Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lamtim.

Hadir dalam sosialisasi : Bapak Sukamto (Sekcam Way Bungur), Bapak Tugiono (KPD Pertanian Kecamatan Way Bungur), Bapak Hisam (Kepala Desa Toto Projo Kecamatan Way Bungur), Bapak Syaerah (Kades Tegal Ombo KecamatanWay Bungur), Team Sosialisasi dari BPD Lampung, Team Dinas Pertanian Kabupaten Lamtim, Gapoktan se-Kecamatan Way Bungur, Pengecer pupuk RDKK se-Kecamatan Way Bungur, Lapisan masyarakat perwakilan se-KecamatanWay Bungur.

Sosialisasi dimulai dengan materi bagaimana membuat Rekening Poktan dan cara mengajukan kebutuhan pupuk subsidi RDKK oleh Tim BPD Lampung.

Saat sosialisasi berlangsung ternyata banyak poktan yang belum faham dengan sistem on line dan pengunaan HP Smart phone/android yang menyediakan aplikasi online kebutuhan pupuk RDKK, sehingga petani bisa langsung memesan melalui website email BPD Lampung melalui Rekening Poktan.

Selanjutnya bila petani tidak terdaftar dalam RDKK Poktan melalui BPD Lampung maka petani tersebut tidak bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dikarenakan kebutuhan pupuk RDKK Poktan dikirim langsung oleh distributor ke Poktan hanya sejumlah pesanan yang diminta oleh Poktan melalui on line.

Keterbatasan dana yang ada di tiap-tiap Poktan dan anggota poktan menjadi kendala para petani saat menggunakan sistem on line yang mewajibkan petani membayar dimuka sejumlah uang sesuai kebutuhan masing-masing dan setelah uang terkumpul maka akan disetorkan oleh Poktan pemegang Rek BPD Lampung, selanjutnya pupuk pesanan akan dikirimkan oleh distributor yang sudah ditunjuk.

Pilot Project Billing On Line di Kecamatan Way Bungur merupakan uji coba program pembelian pupuk RDKK dengan tujuan untuk memutuskan mata rantai Mafia Pupuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar